Doctor's Search

Telapak Tangan Basah, Tanda Jantung Lemah?

Oktober 11, 2018
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Oleh dr Arif Prasetyo Utomo, Sp.BTKV

Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskuler

Jadwal Praktek :Selasa & Kamis jam 17.00 WITA s/d selesai

 Telapak tangan yang basah akibat berkeringat sering kita jumpai pada beberapa orang, atau mungkin kita sendiri mengalaminya. Telapak tangan akan terasa lebih dingin dan selalu basah. Misalnya pada saat mengerjakan soal ujian atau berada di tempat baru atau ketinggian. Lalu apakah penyebabnya? Apakah ini normal? Benarkah ini berhubungan dengan kondisi jantung kita? Orang sering menghubungkan kondisi ini dengan “Lemah Jantung”. Apa itu Lemah Jantung?

Menurut penjelasan dr Arif Prasetyo Sp,BTKV di Poliklinik RS Pertamina Balikpapan, kondisi ini tidak ada hubungannya dengan kondisi jantung kita. “Orang yang mengalami lemah jantung atau gagal jantung mungkin saja telapak tangan dan kakinya akan terasa lebih dingin, tapi tidak sebaliknya telapak tangan dan kaki yang dingin selalu berhubungan dengan penyakit jantung.

Ada beberapa hal yang menyebabkan telapak tangan teraba lebih dingin, salah satunya adalah Palmar Hiperhidrosis, yaitu keadaan dimana kelenjar keringat di area telapak tangan mengeluarkan keringat secara berlebihan sebagai akibat aktivasi sistem syaraf simpatis yang berlebihan, hal yang sama mungkin juga terjadi pada telapak kaki. Kondisi ini tidak disertai dengan adanya keluhan nyeri pada ujung-ujung jari dan tidak pula disertai dengan adanya perubahan warna pada telapak tangan atau kaki.

Apakah ini normal? Pada beberapa keadaan yang merangsang sistem syaraf simpatis kita ini adalah normal, misalnya dalam suasana tegang, di tempat yang baru atau berada di ketinggian yang menimbulkan rasa kengerian, stress saat ujian atau demam panggung saat harus tampil didepan umum. Dapat juga disertai keluarnya keringat berlebihan pada salah satu atau kedua sisi ketiak. Kalo ini dirasa sangat mengganggu, baiknya dilakukan terapi medis. Gangguan itu bisa berupa bau kaki yang sangat karena selalu berkeringat yang menimbulkan rasa tidak percaya diri, tangan yang selalu licin dan basah yang mengganggu pekerjaan.

Lain halnya apabila keluhan tangan dingin disertai dengan keluhan rasa nyeri atau kesemutan di telapak tangan dan perubahan warna telapak tangan, kondisi ini disebut Raynaud Phenomenon. Pada umumnya dicetuskan oleh udara dingin atau merokok. Pada kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan otot-otot jari tangan atau bahkan kematian jari-jari tangan.

Sedangkan lemah jantung yaitu istilah awam yang menggambarkan kondisi dimana jantung tidak dapat memompa darah secara efektif oleh berbagai sebab, mungkin karena keruskan otot jantung akibat serangan jantung coroner (infarct), kelemahan otot jantung bawaan (Cardiomiopathy) atau adanya kelainan katup-katup jantung. Sebagai upaya tubuh untuk menjaga aliran darah di organ-organ vital tetap baik, maka aliran darah yang ke tangan dan kaki dikurangi, akibatnya tangan dan kaki akan terlihat lebih pucat dan teraba dingin akibat berkurangnya aliran darah.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Posted in Artikel by rspb